Jumat, 10 April 2009

pingin beli???

Komputer Tercepat Pertama di Dunia

Tesla Super Komputer dengan NVIDIA sebagai graphics processing units (GPU) diharapkan akan membantu peneliti dan mempercepat penemuan atas pengobatan kanker (image :dmck)Super komputer personal pertama di dunia, yang mempunyai kecepatan 250 kali diatas rata-rata PC biasa, diperlihatkan kepada publik di London, Inggris. Namun harganya masih berada diluar jangkauan kebanyakan konsumen, karena harganya masih berada pada angka £4,000 atau sekitar Rp 70.400.000 dengan kurs Rp 17.600 per pound-nya. Tetapi kinerja processor berkecepatan tinggi tersebut sangat berharga buat sebuah universitas atau institusi medis.

Super komputer tersebut di rancang dengan menggunakan sebuah graphics processing units (GPU) dari NVIDIA, sehingga membuatnya sanggup melakukan kalkulasi secara simultan yang umumnya dilakukan oleh sebuah super komputer yang mempunyai “cluster” dan membutuhkan satu buah ruangan besar.

Tahun 1954 : IBM 704 dianggap sebagai super komputer pertama di dunia, namun komputer ini membutuhkan sebuah ruangan besar untuk melakukan perhitungan ilmiah/scientific calculations. (image :dmcu)

“Teknologi itu merupakan sebuah lompatan besar dalam sejarah komputer,” ujar juru bicara NVIDIA, Benjamin Berraondo. “Perubahannya setara dengan penemuan microchip.”

Mahasiswa PhD di Universitas Cambridge dan Oxford juga Massachusetts Institute of Technology ( MIT ) di Amerika telah menggunakan super komputer yang berbasis pada GPU untuk melakukan penelitian.

Para ilmuwan percaya, sistem baru ini akan membantu mereka menemukan pengobatan berbagai penyakit. Karena sistem ini memungkinkan mereka dapat menjalankan ribuan code untuk menciptakan sebuah daftar obat-obatan yang mempunyai potensi penyembuhan. ”Hal ini mempercepat penemuan berbagai obat-obatan yang berpotensi untuk menyelamatkan hidup penderita kanker,” ujar Jack Collins dari sebuah pusat penelitian Advanced Biomedical Computing Centre di Maryland.

Komputer itu menggunakan graphics processing units secara inovafif dan revolusioner, dimana menurut klaim NVIDIA , dapat memberikan perubahan drastis menuju generasi baru komputer rumah (home computers)

“Sebuah processor tradisional melakukan satu “pekerjaan” dalam satu waktu, dengan menggunakan metode linear, tetapi GPU bekerja secara simultan untuk melakukan beberapa hal sekaligus, seperti mendapatkan warna pixel, sekaligus menghadirkan gambar bergerak didalam layar,” ujar Berranodo.

“Jadi pada saat mendownload sebuah film kedalam iPod akan membutuhkan sekitar enam jam dengan sistem (komputer) tradisional, sebuah graphics card dapat memangkas waktunya menjadi 20 menit.”

Super komputer itu dibuat oleh sejumlah perusahaan yang berkedudukan di Inggris, termasuk Viglen, Armari dan Dell, saat ini dijual kepada sejumlah Universitas atau komunitas sains dan peneliti. Menurut sebuah perusahaan pembuat komputer, Dell. Komputer itu akan diproduksi secara massal dan dipasarkan kepada konsumen umum. (dmcu)

http://artikelmu.co.cc



Tidak ada komentar:

Posting Komentar